Hisham Anak Imunisasi Banget

Entah apa penyebabnya ada yang namanya golongan anti vaksin, tapi sekalipun saya tak pernah punya ide untuk tidak melakukan imunisasi terhadap Hisham. Saya tidak bisa mengambil resiko untuk tidak melakukan hal preventif mengingat penyakit bisa menyerang kapan saja dimana saja. Aduh jangan sampai deh... *ketok-ketok meja.
imunisasi

Hisham sudah diimunisasi sejak baru lahir, istilahnya imunisasi nol bulan yaitu imunisasi Hepatitis B. Bidannya memberikan imunisasi waktu itu sekalian abis Hisham dimandiin. Saya gak liat langsung karena masih terkapar di tempat tidur tetapi bisa mendengar tangisnya dari ruang perawatan, maklum tangisnya kenceng banget sehingga bisa kedengeran dari jauh :D

Selanjutnya ada yang namanya imunisasi sesudah 1 bulan yang terdiri dari 2 macam, BCG dan Polio 1. Awalnya mau saya lakukan di kampung saja sebelum balik ke Jakarta, tapi ternyata dokter anak di sana tidak melakukan imunisasi ini. Imunisasi ini harus dilakukan di Bidan yang berarti saya harus ke rumah sakit. Karena jadwal imunisasi bidan rumah sakit terlalu mepet waktu balik ke Jakarta, gak jadi deh imunisasi di kampung.

Nyampe di Jakarta akhirnya nyari-nyari puskesmas di dekat rumah berdasarkan gugling-gugling. Nyampe puskesmas susternya bilang kalau jadwal imunisasi puskesmas itu cuma di hari Rabu. Hih! KZL. Saya disarankan ke sebuah posyandu di sekitar komplek itu yang sedang melaksanakan imunisasi juga. Tapi Hisham gagal imunisasi lagi gara-gara hidung tersumbat. Jadinya dia cuma ditimbang saja di Posyandu.

Karena gak mungkin nunggu posyandu yang sekali sebulan, maka seminggu kemudian saya imunisasi Hisham di Puskesmas aja. Hisham pun selanjutnya disuntik, ihik. Saya sih rada-rada gak tega liatnya, tapi ya demi kesehatan musti direlain lah yaaaa. Btw, imunisasi BCG itu disuntikan di lengan sedangkan imunisasi Polio 1 ditetesin ke mulut. Alhamdulillah anaknya cuma nangis pas jarumnya nusuk, abis itu anteng aja. Padahal udah khawatir dia bakal rewel seharian.

Akhirnya kemaren ini Hisham imunisasi yang ketiga yaitu imunisasi sesudah dua bulan. Kalau menurut KMS (kartu menuju Sehat) jangka waktunya 1-2 bulan dari imunisasi ke dua. Bagusnya di imunisasi sebelumnya Bidannya udah ngintungin kapan saya musti datang lagi buat imunisasi ini, jadi saya tinggal ngikutin jadwal dari bidannya aja. Untung kali ini bapaknya bisa nemenin jadi gak bosen nungguin dan bisa gantian gendong, mehehehe. Kali ini imunisasinya adalah DPT dan polio 2.

DPT ini yang sempat bikin galau karena saya tau imunisasinya bakal bikin demam. Walaupun saya akhirnya tetap ngikut jadwal puskesmas, tapi berniat pakai imunisasi kombinasi yang namanya infanrix adalah kombinasi DPT dan HiB yang tidak menyebabkan demam. Sebenarnya saya udah yakin kalau puskesmas gak punya imunisasi jenis ini, tapi kata suami mending dikonsultasikan aja dulu ke Bidan.

Akhirnya sesudah konsultasi ke bidan puskesmas ternyata memang puskesmas tidak punya infanrix, namun kita diyakinkan oleh bidan bahwa imunisasi DPT biasa itu udah bagus-bagus aja kok, dan kalaupun demam juga tidak akan berlangsung lama. Malah kalau ternyata bayinya punya daya tahan yang bagus juga bisa aja gak demam.
Akhirnya dengan optimis kita pakai imunisasi DPT biasa aja. DPT disuntikin di paha dan Polio 2 seperti biasa ditetesin ke mulut.

Saya sudah menyiapkan mental kalau ternyata dia demam, ternyata memang demam tapi cuma menyebabkan tidurnya agak terganggu aja yang membuatnya sedikit rewel. Alhamdulillah setelah dipantau tiap saat demamnya gak sampai tinggi banget, paling banter 38an gitu.
Bapaknya pun siaga, di sebelah tempat tidur udah menyiapkan termos air panas, kain dan gayung berisi air buat nanti kalau dibutuhin kompres. Ingat ya, dikompres pakai air hangat, jangan air dingin.
Terus jangan lupa sering dikasih ASI, ini penanganan paling manjur kalau dia demam kata bidan. Dan juga pelukan ibu paling manjur meredakan kegelisahan bayi, jadi saya sering mendekap dia biar tenang.
Demam ini berlangsung sampai keesokan harinya saja. Hoax banget deh ibu-ibu yang ngobrol di puskesmas bilang demam abis imunisasi DPT bisa sampai seminggu X)

Malam kedua dia sudah baik-baik saja dan kembali ceria lagi. Sayapun senaaaaang. Tinggal 2 lagi imunisasi dasar lengkapnya, mudah-mudah berjalan lancar semua.
imunisasi

Jangan lupa imunisasi dasar lengkap ya bukibuk....

~ Mrs Messy